BerandaINOVASI3D Innovareef: Teknik Pahat yang Memulihkan Ekosistem Laut Thailand

3D Innovareef: Teknik Pahat yang Memulihkan Ekosistem Laut Thailand

Innovareef yang dikembangkan Chula Veterinary Medical Aquatic Animal Research Center of Excellence (VMARCE) untuk mempercepat pemulihan terumbu karang, mempromosikan ekowisata (eco-tourism), serta memantau kesehatan ekosistem laut, berhasil memenangkan National Innovation Awards (NIAWARDS) 2020 dalam kategori “Product and Service Design”.

Terumbu karang buatan versi sebelumnya menimbulkan polusi visual, dan kerap kali tidak efektif. Maka, tim riset Chula, dipimpin Associate Professor, Dr. Nantarika Chansue, Director, VMARCE, dan Head, Ornamental Aquatic Animal and Aquatic Animals for Conservation Research Unit (OAAC), Fakultas Kedokteran Hewan, Chulalongkorn University, berupaya menciptakan terumbu karang buatan yang realistis, bahkan memiliki daya tahan yang baik terhadap ombak laut, sehingga planula dapat menempel, serta menjadi habitat bagi spesies laut, dan ikut mempercepat pemulihan terumbu karang.

Innovareefs memiliki keunggulan berikut dibandingkan terumbu karang buatan lain:

  1. Melapisi terumbu karang dengan nutrisi, seperti kalsium dan fosfat, yang diperlukan terumbu karang untuk berkembang. Data menunjukkan, planula berkembang biak lebih cepat, sekitar tiga hingga empat sentimeter dalam satu tahun.
  2. Biomimicry mendukung planula menempel, dan menjadi habitat hidup spesies laut.
  3. Daya tahan terhadap ombak laut berkat desain hydrodynamic.
  4. Stasiun pemantauan pemanasan global dengan teknologi pintar, didukung alat uji yang memonitor lingkungan laut, misalnya, suhu air, kekuatan ombak, dan potensi Hidrogen (pH).
  5. Desain yang memenangkan penghargaan, terbuat dengan material semen yang menyerupai pH air laut, Innovareef juga mudah dibawa, dirakit/dibongkar berkat desain blok yang ringan seperti Lego. Biaya produksinya juga terjangkau, hanya THB 26.000 per unit.

Surga Baru bagi Penyelam

Innovareefs dapat dikembangkan sebagai atraksi ekowisata bagi penyelam amatir lokal dan asing, snorkeler, serta sea walker sehingga menghasilkan arus pendapatan negara.

Generasi Baru

Tim pengembang Innovareef berencana menurunkan biaya produksi, serta meningkatkan desain Innovareef berdasarkan spesies laut yang banyak ditemui di sekitarnya. Tim ini juga bekerja sama dengan Chula Engineering untuk menerapkan teknologi nano demi melindungi Innovareef dari dampak pemanasan global.

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -