Akun Resmi WhatsApp Centang Hijau Muncul di Daftar Obrolan

Redaksi

Akun Resmi WhatsApp
Akun resmi WhatsApp centang hijau meluncurkan di aplikasinya sejak awal 2023 ini. Apabila Anda tiba-tiba menerima pesan dari akun bernama WhatsApp, jangan kaget, sebab itu adalah cara WhatsApp berkomunikasi dengan penggunanya.

Akun resmi WhatsApp tersebut berfungsi untuk membagikan informasi resmi dari pihak WhatsApp. Misalnya soal fitur baru, tips dan trik, penjelasan produk dan lain sebagainya.

Akun resmi WhatsApp memiliki nama pengguna “WhatsApp” disertai centang hijau di sisinya, yang menunjukkan bahwa akun itu adalah akun terverifikasi. Ada pula deskripsi “Akun WhatsApp Resmi” tepat di bawah nama akun untuk menegaskan status akun tersebut.

Adapun foto profilnya, menggunakan logo WhatsApp berupa gelembung percakapan disertai ikon gagang telepon, menggunakan background hijau khas aplikasi pesan instan itu.

Akun Resmi WhatsApp

Akun resmi WhatsApp bersifat satu arah. Artinya, pengguna hanya bisa menerima pesan dari akun tersebut, tetapi tidak bisa menanggapi atau membalasnya.

Selain itu, pengguna juga tidak dapat mengirim pesan atau melakukan panggilan telepon ke akun resmi WhatsApp.

Akun itu akan muncul di daftar obrolan. Namun bila pengguna merasa kurang nyaman, mereka bisa mengarsipkan akun resmi WhatsApp sehingga tersembunyi dari daftar obrolan.

Akun resmi WhatsApp baru dirilis pada 20 Juli lalu. Pantauan KompasTekno, akun tersebut juga sudah muncul di sejumlah pengguna WhatsApp di Indonesia, misalnya pada WhatsApp versi 2.23.15.78 di Android.

Selain akun utama WhatsApp itu, WhatsApp juga punya dua akun resmi lainnya, yaitu WhatsApp Support dan WhatsApp Survey.

WhatsApp Support berfungsi untuk membantu pengguna ketika memiliki masalah dengan akunnya. Akun ini terdaftar dengan nomor telepon +1-5517868.

Adapun WhatsApp Survey berperan untuk menerima survei yang ditujukan ke pengguna. Akun ini terdaftar dengan nomor +16505361212 atau +16508638904, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs resmi WhatsApp.

Kedua akun resmi WhatsApp itu juga ditandai dengan centang hijau.

Nah, bila Anda menerima pesan dari akun yang mengatasnamakan pihak WhatsApp tetapi akunnya tanpa centang hijau, bisa dipastikan akun tersebut adalah akun palsu. Jadi, Anda patut berhati-hati ketika berinteraksi dengan akun tersebut.

Mirip Telegram

Sebelum WhatsApp, Telegram sudah lama punya akun resmi sendiri. Fungsinya juga untuk membagikan informasi resmi terkait banyak hal di aplikasi Telegram, mulai dari fitur baru, tips dan trik dan sebagainya.

Akun resmi Telegram juga muncul di daftar obrolan aplikasi Telegram pengguna. Akun itu bernama “Telegram” disertai centang biru dan deskripsi “Service notifications”. Gambar profilnya menggunakan logo Telegram serta bakground berkelir biru.

Bedanya dengan WhatsApp, chat dari akun resmi Telegram bisa dibalas oleh pengguna.

Aneka tautan yang dikirim oleh akun resmi Telegram juga akan mengarahkan pengguna ke sistus resmi Telegram. Akun ini terdaftar dengan nomor +42777.

Leave a Comment