Apple Segera Luncurkan iPhone 15 Series Bulan September Mendatang

Redaksi

iPhone 15
iPhone 15 series akan segera diluncurkan pada bulan September mendatang, dan model Pro akan didukung chipset A17 Bionic terbaru. Menurut tipster Uredditor, platform baru ini diproduksi oleh TSMC pada proses FinFET 3nm.

Selain itu, chipset A17 Bionic ini didukung 6 core CPU dengan frekuensi tertinggi 3.7GHz dan 6 core GPU. Mengutip GSM Arena, iPhone 15 Pro and iPhone 15 Pro Max akan didukung RAM LPDDR5 6GB, yang dipasok oleh Micron atau Samsung, atau keduanya.

Apple berencana untuk menggunakan chipset dengan nomor model t8130 tersebut pada model Pro yang dirilis pada tahun ini, serta iPhone 16 series keluaran 2024. Model Pro yang dirilis pada tahun 2024 disebut akan dukung chipset berkodenama t8140, diperkirakan sebagai platform A18.

Namun saat ini, belum tersedia informasi lebih detail terkait dengan chipset untuk model Pro keluaran tahun 2024 tersebut. Tipster itu juga baru-baru ini membuktikan kredibilitasnya dengan mengonfirmasi bocoran konektor USB-C.

iPhone baru tersebut akan dilengkapi dengan port pengisian daya universal, kendati lini iPhone 15 versi reguler akan tetap menggunakan USB 2.0, sedangkan iPhone 15 Pro akan didukung konektor USB 3.2 lebih cepat.

iPhone 15

Sebelumnya, iPhone 15 dan iPhone 15 Max akan menjadi ponsel satu-satunya yang tersedia tahun ini dengan dukungan chipset menggunakan node proses 3nm. Hal ini menjadi peristiwa penting sebab semakin rendah angka node proses, semakin kecil rangkaian fitur chipset.

Fitur lebih kecil ini artinya chip dapat dibekali lebih banyak transistor dan transistor dengan jumlah lebih banyak ini menjadikan chip lebih bertenaga dan efisien daya. Umumnya, risiko dalam memproduksi chip dipegang oleh desainer chipset, sehingga desainer harus bertanggung jawab jika unit bermasalah.

Mengutip The Information, produksi 3nm awal TSMC memiliki tingkat hasil 70 persen, cukup baik terutama untuk tahun pertama dari produksi besar dari node proses baru. Sementara itu, pesanan Apple pada TSMC cukup besar sehingga fasilitas ini mampu mengatasi risiko pada tingkat hasil tersebut.

Sementara itu, menurut sumber yang dikutip Mark Gurman dari Bloomberg, Apple saat ini tengah memutuskan antara tanggal 12 September dan 13 September sebagai tanggal penyelenggaraan acara peluncuran iPhone 15.

Namun, sejumlah pihak meyakini bahwa Apple akan memilih tanggal 12 September sebagai tanggal peluncuran smartphone terbarunya. Salah satu sumber untuk informasi ini adalah mitra operator seluler Apple.

Email internal memberitahukan kepada pegawai untuk tidak mengambil cuti pada hari Rabu, 13 September, karena akan terdapat pengumuman smartphone besar. Di sisi lain, Gurman lebih condong ke tanggal 12 September, meski menyebut hal ini masih berpeluang untuk berubah.

Leave a Comment