Iklan

Baxter Indonesia Luncurkan Website My Kidney Journey untuk Pasien Penyakit Ginjal Kronik

- Advertisement -Iklan
Baxter Asia Pacific (Baxter), perusahaan global yang terkemuka dalam perawatan dialisis, hari ini mengumumkan peluncuran My Kidney Journey (www.infoginjal.com), sebuah portal online komprehensif untuk mendukung pasien yang hidup dengan Penyakit Ginjal Kronis (PGK) di Indonesia.

Menurut Baxter penyakit Ginjal Kronik (PGK) sedang mengalami peningkatan di wilayah Asia Pasifik dan terus menjadi masalah kesehatan masyarakat yang utama. Penyakit ini sering disebut sebagai ‘pembunuh diam-diam’ karena pasien tidak menunjukkan gejala sampai mereka mencapai stadium lanjut, dan menjadi lebih umum di negara-negara di Asia.

Di Indonesia misalnya, Indonesia Renal Registry (IRR) pada tahun 2019 melaporkan 185.901 pasien PGK aktif dan 69.124 pasien baru, dengan jumlah pasien baru PGK diproyeksikan meningkat setiap tahunnya.

My Kidney Journey (www.infoginjal.com) dikembangkan untuk memberi informasi tambahan mengenai PGK seperti gejala, penyebab dan stadium, serta informasi yang seimbang dan terkini tentang beberapa pilihan pengobatan untuk mengelola PGK seperti Dialisis Peritoneal (PD) di rumah, hemodialisis di pusat kesehatan dan transplantasi ginjal.

Website yang diluncurkan Baxter ini juga menawarkan dukungan kepada pasien, keluarga dan pengasuh dengan cara memberikan wawasan tentang hidup yang berkualitas dengan dialisis, termasuk mengatasi kesulitan emosional dari diagnosis dan tuntutan pengobatan.

dr Aida Lydia Sutranto, PhD, SpPD, K-GH, dari RSUPN Dr. Ciptomangunkusumo, Jakarta – Indonesia, mengatakan bahwa “Penyakit Ginjal Kronik berjalan menahun dan progresif, seringkali tanpa gejala. Gejala baru timbul bila fungsi ginjal sudah jauh menurun dan mulai memerlukan terapi pengganti ginjal.

Pengetahuan yang kurang menyebabkan pasien tidak siap menjalani terapi pengganti ginjal dan bingung memilih modalitas terapi yang tepat antara dialisis peritoneal, hemodialisis atau transplantasi ginjal.

Edukasi tentang penyakit ginjal kronik kepada pasien dan keluarga, serta masyarakat dari sumber yang terpercaya merupakan pilar yang sangat penting, baik untuk pencegahan maupun untuk pengobatan penyakit ginjal.”

Pandemi COVID-19 memberikan dampak yang tidak proporsional pada orang dengan penyakit kronis. Mereka yang memiliki penyakit komorbid, termasuk PGK, memiliki risiko lebih besar terkena penyakit COVID-19 yang lebih serius karena status kekebalan tubuh mereka yang terganggu.

Dialisis di rumah menawarkan kesempatan bagi pasien PGK untuk mengelola kondisi mereka dari kenyamanan rumah mereka, dan mengurangi interaksi manusia langsung dari kunjungan rumah sakit, serta mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi.

Data baru dari Baxter menyoroti bahwa digital health berupa manajemen pasien jarak jauh dapat mendukung praktisi kesehatan untuk meningkatkan hasil klinis, termasuk memantau perawatan dialisis di rumah pasien mereka, dan menyesuaikan terapi dari jarak jauh tanpa memerlukan kunjungan pasien ke klinik atau rumah sakit.

“Baxter berkomitmen untuk meningkatkan perawatan dan kualitas hidup pasien yang menderita PGK melalui inovasi berkelanjutan dalam Modern PD (Dialisis Peritoneal), In-Centre HD (Hemodialisis) dan terapi pengganti ginjal di rumah lainnya yang telah terbukti bermanfaat terutama di masa pandemi,” kata Andrew Frye, Presiden Baxter Asia Pasifik.

“Tidak ada satu modalitas yang bisa dipakai untuk semua pasien dalam mengelola Penyakit Ginjal Kronis (PGK). Namun, kami berharap My Kidney Journey (www.infoginjal.com) akan memberi pasien pengetahuan dan sumber daya yang dibutuhkan untuk merencanakan kehidupan yang sehat dan berkualitas saat menjalani dialisis atau perawatan PGK lainnya.

Selain pasien, kami berharap portal online baru ini dapat menjadi platform yang membantu pendamping dan keluarga yang mendukung orang yang mereka cintai untuk menyesuaikan diri dengan Penyakit Ginjal Kronis dan perjalanan perawatan mereka.” Frye menambahkan.

My Kidney Journey APAC sekarang tersedia untuk pasien dan masyarakat umum di 10 negara dan 9 bahasa, termasuk Bahasa Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.infoginjal.com.

- Advertisement -Iklan
- Advertisement -Iklan
Must Read
- Advertisement -Iklan
Related News
- Advertisement -Iklan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here