Iklan

CreativesAtWork Gelar Ajang Asia Podcast Festival and Awards

- Advertisement -Iklan
CreativesAtWork Pte Ltd dan MeaVox Live menggelar ajang “Asia Podcast Festival and Awards” Kedua. Ajang ini dibuka pada 6 November 2021 dengan sederet lokakarya, dan akan berlangsung selama satu bulan hingga ditutup dengan sesi konferensi dan penghargaan pada 2-3 Desember mendatang, bertepatan dengan acara “Singapore Media Festival”.

Dalam dekade terakhir, siniar (podcast) semakin populer. Selain pertumbuhan jumlah audiens, siniar memiliki profil audiens berusia muda. Seiring dengan popularitas siniar, belanja iklan pun menyusul.

Nilai belanja iklan pada media siniar di Amerika Serikat diperkirakan melonjak dari $758 juta pada 2020 menjadi $2,4 miliar pada 2025. Di Singapura, popularitas kanal siniar telah meningkat tiga kali lipat selama satu tahun terakhir—dilatarbelakangi kondisi pandemi yang memaksa orang menghabiskan waktu di rumah.

“Siniar menjadi kanal baru bagi kreator konten independen untuk membagikan informasi dan mengembangkan komunitas pendukungnya,” ujar Jayce Tham, Salah Satu Pendiri CreativesAtWork.

“Sebagai format media, siniar menawarkan berbagai peluang dan pilihan, sementara, bagi kreator berusia muda, siniar semakin mudah dilakukan. Kami berharap, ajang ‘Asia Podcast Festival and Awards’ memunculkan berbagai bakat baru, memicu kreativitas di segmen audio, dan menyatukan komunitas siniar di Asia.”

“Kami gembira menghadirkan kembali ‘Asia Podcast Festival’ yang kedua dengan skala yang lebih besar dan baik. Kami ingin mengajak peserta ajang ini, baik perusahaan siniar, perwakilan media, kreator pemula atau profesional, untuk menemukan peluang di segmen audio.

Tujuannya adalah mendukung dan membina ekosistem siniar yang baru berkembang di Singapura dan Asia,” jelas Raven Lim, Pendiri MeaVox Live dan penyelenggara “Asia Podcast Festival” perdana pada 2019.

Ajang ini terdiri atas empat pilar, didesain untuk mempertemukan pelaku industri siniar di Asia, dan mengembangkan profesionalisme di industri tersebut.

Asia Podcast

Podlab: Program akselerator siniar yang memadukan sejumlah format, dan berlangsung selama empat minggu. Podlab adalah program bertaraf industri bagi peserta-peserta yang ingin serius berkiprah di industri siniar. Podlab membekali peserta program dengan keahlian industri, serta sarana dan koneksi yang dapat mengembangkan kariernya.

Penghargaan: Dipersembahkan untuk Asia oleh Singapura, “Asia Podcast Awards” mengapresiasi tokoh-tokoh terbaik di industri siniar Asia. Sebagai sarana yang mempertemukan dan mengapresiasi anggota-anggota komunitas siniar Asia, ajang ini akan memperkuat aspirasi Asia, serta merayakan aspirasi dan keberagaman Asia dengan seluruh dunia.

Konferensi: Bagi pelaku siniar yang telah lama berkiprah, ajang ini mengadakan konferensi secara langsung di lokasi acara dan konferensi virtual, serta sesi menjalin jejaring saat acara “Singapore Media Festival” berlangsung pada Desember mendatang. Lewat rangkaian kegiatan tersebut, ajang ini ingin meningkatkan keahlian pelaku siniar, dan berkolaborasi dengan mereka agar siniar mereka mencapai jenjang berikutnya.

Marketplace: Rangkaian sesi business matching yang mengembangkan komunitas siniar Asia, menyediakan dukungan dan sarana menjalin kemitraan bisnis. Sesi marketplace terbuka bagi pelaku siniar, pemilik merek, dan sponsor potensial.

Ajang “Asia Podcast Festival” menampilkan berbagai pelatih dan pembicara regional dan internasional dari Singapura, Tiongkok, India, Indonesia, Malaysia, Filipina, Amerika Serikat, serta Swedia. Mereka terdiri atas pelaku siniar dan jaringan siniar besar, seperti IVM Podcasts, Podcast Network Asia, Renegade Radio, StoryFM, serta berbagai merek seperti ahli teknik dari Audio-Technica dan City Music. StoryFM telah menjadi mitra media tunggal di Tiongkok.

Registrasi “Asia Podcast Awards” dibuka pada 1 Oktober 2021 dan ditutup pada 24 November 2021. Registrasi untuk mengikuti lokakarya dan konferensi juga telah dibuka. Informasi lebih lanjut tersedia di www.AsiaPodcastFestival.com

- Advertisement -Iklan
- Advertisement -Iklan
Must Read
- Advertisement -Iklan
Related News
- Advertisement -Iklan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here