Hannah Al Rashid Bongkar Pelecehan Seksual di Lokasi Shooting

Hannah Al Rashid, artis berkebangsaan Inggris ini bicara blak-blakkan tentang pelecehan seksual yang terjadi di dunia hiburan. Pemeran Cantika dalam film Gundala itu mengungkapkan seringnya terjadi pelecehan seksual di lokasi shooting melalui akun Instagramnya.

Hannah Al Rashid Bongkar Pelecehan Seksual di Lokasi Shooting 1

“Tahun ini gw ingin highlight pelecehan di lokasi shooting karena terlalu sering terjadi, dan terlalu sering juga it just gets ignored and pushed under the carpet. I am committed to working towards changing this, in whatever capacity that I can,” tulis Hannah.

Hannah Al Rashid Bongkar Pelecehan Seksual di Lokasi Shooting 2
Instagram

Artis berdarah Inggris-Indonesia ini sudah empat tahun berturut-turut mengikuti aksi Women’s March Jakarta. Ia mengatakan pelecehan seksual bisa terjadi di mana saja dan menimpa siapa pun. Dunia hiburan pun tak luput dari kasus ini.

Hannah Al Rashid Bongkar Pelecehan Seksual di Lokasi Shooting 3
Instagram

Glamornya dunia hiburan ternyata menyimpan sisi gelap, seperti kasus pelecehan dan kekerasan seksual yang dialami para artis. Sebagian korban memilih bungkam karena berbagai alasan, sebagian lainnya memilih membeberkannya ke ruang publik dengan tujuan untuk menghentikan kasus itu berulang.

Ketika memperingati International Women’s Day pada 8 Maret 2020 lalu, mantan tim pencak silat Inggris ini menulis dukungannya kepada para korban pelecehan seksual di dunia hiburan. Dia juga memperingatkan kepada pelakunya untuk berhati-hati karena mereka mengawasi. Hannah juga mengajak semua pihak untuk bersatu dan melawan para predator seks di dunia hiburan.

Hannah Al Rashid Bongkar Pelecehan Seksual di Lokasi Shooting 4

Hannah sebelumnya bersama sejumlah artis Tanah Air juga telah mengungkapkan fakta getir yang terjadi di dunia hiburan Indonesia. Sebut saja penyanyi dan aktivis kemanusiaan Melanie Soebono.

Hannah Al Rashid Bongkar Pelecehan Seksual di Lokasi Shooting 5

Putri promotor musik Indonesia sekaligus pendiri Java Musikindo Adrie Soebono itu juga mengungkapkan bahwa pelecehan seksual sangat sering terjadi di industri hiburan Indonesia. Pelakunya, kebanyakan seniman senior, produser atau sutradara.

BACA JUGA  Kominfo Bantah Miliki Akun Pornhub

Hannah Al Rashid Bongkar Pelecehan Seksual di Lokasi Shooting 6

Dengan jabatannya itu, mereka mengiming-imingi peran atau pekerjaan untuk para artis. Akibatnya, kasus itu mengendap lantaran korbannya jera melapor dan membawanya ke ranah hukum karena takut kehilangan pekerjaan.

 

loading...