Gunung Merapi Erupsi, Sri Sultan HB X: Tidak Akan Meletus Seperti Dulu

Redaksi

Gunung Merapi Erupsi
Gunung Merapi Erupsi, Sri Sultan HB X: Tidak Akan Meletus Seperti Dulu

Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan DI Yogyakarta kembali mengalami erupsi pada Sabtu, 11 Maret 2023 kemarin. Terkait kejadian tersebut, Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X pun memberikan pernyataannya.

Dikutip dari Jogja TV, Sultan menyebut Gunung Merapi tidak akan meletus seperti dulu. Menurutnya, Gunung Merapi erupsi demi untuk menutup lubang-lubang akibat tambang pasir di sekitaran kaki Gunung Merapi.

“Merapi itu ya erupsi begitu saja. Enggak akan meletus seperti dulu, yang penting ngebaki (memenuhi) sik (yang) dirusak karena ditambang. Gitu saja,” ujar Gubernur DIY tersebut pada Sabtu, 11 Maret 2023.

Baca Juga: Sultan Sesalkan Sikap Sri Mulyani Tentang Skandal Keuangan di Kemenkeu RI

Ia berpendapat Gunung Merapi erupsi akan berhenti setelah menutup lubang-lubang akibat tambang pasir yang terbuka dengan material vulkanik, dan proses tersebut diyakini akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

“Nanti kalau yang berlobang-lobang itu sudah tertutup, kan berhenti sendiri. Memang itu perlu lama karena tidak hanya di atas, dan di bawah juga berlobang,” lanjutnya.

Gunung yang terletak di Sleman, Magelang, Boyolali, dan Klaten ini memang cukup sering terjadi letusan kecil maupun letusan besar. Pada tahun 2010, gunung itu mengalami letusan terbesar sejak 100 tahun terakhir.

Musibah tersebut menelan sekitar 337 korban meninggal dunia, termasuk sang juru kunci, Raden Ngabehi Surakso Hargo atau Mbah Maridjan yang menjadi salah satu korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Data dari BPPTKG mencatat, sejak malam kemarin, Gunung Merapi terhitung sudah 6 kali memuntahkan awan panas. “Teramati awan panas guguran 6 kali dengan jarak luncur maksimum 2.000 meter ke barat daya,” tulis BPPTKG dalam keterangannya pada Minggu (12/3).

Leave a Comment