Hari Anak Nasional 2023, Bayer Indonesia Soroti Pentingnya Perencanaan Keluarga

Redaksi

Hari Anak Nasional
Sejalan dengan semangat peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun ini yang mengusung tema ‘Anak Terlindungi, Indonesia Maju’, Bayer, perusahaan global di bidang kesehatan dan pertanian, mengajak masyarakat Indonesia untuk semakin memahami pentingnya peran keluarga bagi kehidupan anak.

Peran keluarga memiliki peranan penting dalam pembentukan karakter, tumbuh kembang, dan kesejahteraan anak-anak yang tak boleh diabaikan. Sejalan dengan tujuan ini, Bayer memberikan dukungan pada edukasi perencanaan keluarga melalui situs Bicara Kontrasepsi.

Melalui inisiatif ini, diharapkan pengetahuan mengenai perencanaan keluarga semakin tersebar dan bermanfaat bagi keluarga Indonesia dalam menciptakan masa depan yang lebih baik bagi anak-anak mereka.

Dapatkan informasi lengkap terkait perencanaan keluarga serta edukasi kesehatan reproduksi pada situs https://www.bicarakontrasepsi.com/

Saat ini, hampir sepertiga dari seluruh populasi di Indonesia terdiri dari anak-anak (0-17 tahun).

Namun, disayangkan, tingginya jumlah populasi anak ini belum diimbangi dengan pemenuhan hak-hak mereka atas pengasuhan dan lingkungan, diantaranya untuk meningkatkan kompetensi dalam hal fisik, gizi, dan kesehatan anak.

Di berbagai wilayah Indonesia, anak-anak masih menjadi kelompok yang rentan karena keterbatasan pemahaman orang tua dan masyarakat mengenai pemenuhan hak anak. Ditemukannya kasus anak-anak yang mengalami masalah gizi buruk atau stunting, menjadi bukti nyata bahwa hak anak belum terpenuhi dengan baik.

Menurut Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) dari Kementerian Kesehatan, pada tahun 2022, prevalensi balita stunting di Indonesia mencapai 21,6%.

Stunting memiliki dampak serius bagi anak-anak, bukan hanya pada persoalan tinggi badan, tetapi juga dapat mempengaruhi perkembangan otak mereka.

Hal ini berdampak pada kemampuan belajar, pertumbuhan mental dan meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit kronis.

Oleh karena itu, menyambut kehadiran buah hati dalam keluarga memerlukan perencanaan yang matang. Ada beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan seperti kesiapan orang tua dalam hal kesehatan, finansial, psikologi, dan edukasi guna memastikan hak-hak anak terpenuhi dengan baik.

Dengan melakukan perencanaan keluarga yang matang, orangtua dapat lebih siap menghadapi peran tersebut, sehingga hak-hak anak bisa terjamin dan anak-anak dapat berkembang secara optimal untuk mencapai potensinya.

“Dalam semangat Hari Anak Nasional, kami ingin menyoroti betapa pentingnya perencanaan keluarga dan dampaknya bagi kehidupan anak, keluarga, dan masyarakat,” ujar dr. Dewi Muliatin Santoso, Head of Medical Department of Bayer Pharmaceutical.

“Dengan melakukan perencanaan keluarga yang bertanggung jawab, kita dapat memperhitungkan dengan bijak supaya setiap anak dapat bertumbuhkembang dengan baik dan terpenuhi hak-haknya untuk memiliki keluarga yang sehat, mendapatkan gizi yang baik, serta kesehatan, pendidikan, dan lingkungan yang mendukung mereka untuk tumbuh menjadi generasi dan berpotensi.”

Dari berbagai solusi perencanaan keluarga yang tersedia, riset Reuters menunjukkan bahwa pil kontrasepsi modern menjadi pilihan andal untuk merencanakan jarak usia anak dan mencegah kehamilan yang tidak direncanakan.

Bayer melansir pil kombinasi modern yang mengandung Drospirenon yang dapat meregulasi hormon secara aman serta memberikan manfaat tambahan, seperti : meringankan jerawat dan menjaga berat badan tetap stabil.

Selain itu, penggunaan pil KB drospirenon juga membantu mengatur siklus menstruasi serta meredakan gangguan Premenstrual Syndrome (PMS) maupun Premenstrual Dysphoric Disorder (PMDD), sehingga memberikan manfaat positif bagi kesehatan mental wanita dalam jangka panjang.

Dengan pil kontrasepsi ini, wanita dapat memilih opsi yang tepat untuk menjaga kesehatan reproduksi dan meningkatkan kualitas hidup mereka secara menyeluruh.

Bayer menyadari bahwa perencanaan keluarga adalah langkah penting dalam menciptakan masa depan yang cerah bagi anak dan keluarga. Melalui situs Bicara Kontrasepsi, Bayer berkomitmen untuk memberikan informasi yang lengkap dan akurat kepada masyarakat guna mendukung proses perencanaan keluarga yang bertanggung jawab.

“Dengan adanya dukungan dari Bayer melalui situs Bicara Kontrasepsi, diharapkan masyarakat dapat lebih mudah mengakses informasi yang tepat mengenai perencanaan keluarga.

Hal ini akan membantu masyarakat membuat keputusan yang bijaksana dalam merencanakan masa depan keluarga mereka, serta mendukung terwujudnya visi Indonesia Emas 2045 dengan generasi anak-anak yang tumbuh dengan bahagia dan sejahtera,” pungkas dr. Dewi.

Leave a Comment