Iklan

Huawei Luncurkan Solusi “Intelligent Oil & Gas Fields”

- Advertisement -Iklan
Huawei menggelar ajang “Global Oil & Gas Summit 2021” di Abu Dhabi dengan tema “Drive Data to Barrel, Embrace Intelligence to Grow”. Di ajang ini, Huawei meluncurkan solusi baru— Intelligent Oil & Gas Fields— yang membantu kalangan perusahaan migas beralih ke teknologi digital.

Solusi ini mencakup beberapa aspek digitalisasi, termasuk keamanan lokasi proyek, inspeksi kegiatan produksi dan pemeliharaan prediktif. Dengan data dan teknologi cerdas, Huawei menggerakkan transformasi digital dan pengembangan cerdas di industri tersebut.

Dunia sepakat bahwa transformasi energi dan digital berperan penting bagi masa depan bumi. Lv Gongxun, mantan Vice President, PetroChina, CNPC, menjelaskan, transformasi digital industri migas akan menghadirkan layanan, model bisnis, dan model manajamen yang inovatif.

Netralitas karbon mendatangkan berbagai tantangan dan peluang baru di industri energi dunia. Dalam sambutannya, Robin (Yongping) Lu, Executive Vice President, Global Energy Business Unit, Huawei Enterprise BG, mengulas pentingnya integrasi transformasi energi dan digital demi mencapai netralitas karbon. Maka, industri energi dan teknologi perlu berkolaborasi, memperkuat keunggulan masing-masing, serta mengeksplorasi beragam skenario industri.

Huawei meluncurkan solusi Intelligent Oil & Gas Fields yang membantu industri migas menjawab berbagai tantangan

Di ajang ini, Huawei dan G2K Group meluncurkan solusi Intelligent Oil & Gas Fields. Peluncuran produk ini menampilkan Robin (Yongping) Lu dan Christen Bear, Managing Director, Regional Head GCC, G2K Group. Arsitektur dari solusi ini terdiri atas empat jenjang: terminal industri, jaringan IoT, platform digital, dan aplikasi cerdas.

Solusi ini ingin membantu perusahaan migas menangani risiko dan biaya, kesenjangan data, serta cepat merespons situasi darurat, dan membangun sistem keamanan informasi yang canggih. Berdasarkan arsitektur solusi ini, Huawei akan selalu meningkatkan platform digital dan aplikasi layanan produksi, menerapkan interkoneksi data lewat IoT, serta meningkatkan transformasi manajemen yang lebih ringkas.

Huawei berfokus pada keamanan dan standar efisiensi, ikut meningkatkan cadangan dan produksi migas, menambah efisiensi, menghemat biaya dan menurunkan emisi karbon, serta menjaga keselamatan kerja.

Solusi migas Huawei untuk seluruh skenario yang mengutamakan kolaborasi di seluruh bidang

Di ajang ini, Huawei juga mendemonstrasikan sejumlah solusi untuk seluruh skenario dan fitur-fitur teknis di eksplorasi hulu migas, pengembangan dan produksi, manajemen aset pipa migas di sektor midstream, serta pengolahan di sektor hulu dan penjualan bahan kimia.

Penggunaan sejumlah teknologi secara luas, seperti cloud computing, big data, AI, dan 5G turut mempermudah penemuan nilai data potensial, meningkatkan efisiensi E2E perusahaan migas dalam eksplorasi minyak bumi, pengembangan, produksi, penyimpanan, pengiriman, pengolahan, dan penjualan.

Wu Shuhong, Secretary, CNPC AI Research Center, dan Deng Xili, Principle Lead, G&G (RCM), CNPC RIPED, juga memaparkan bahwa solusi  intelligent E&P dari Huawei memanfaatkan teknologi cloud, AI, dan big data sehingga data seismik diolah secara cepat dan akurat. Sederet teknologi ini juga mempermudah penemuan cadangan migas, dan mendiagnosis lingkungan kerja di lokasi sumur migas. Dengan demikian, pelaku industri mampu memperoleh nilai tambah dari “data tersembunyi” dan “data yang tak berguna”.

Di saat bersamaan, layanan yang berperan penting untuk aktivitas produksi dapat dialihkan ke teknologi cloud. Tujuannya adalah mengatasi sejumlah kendala yang sering ditemui, seperti respons lambat, biaya mahal, dan inefisiensi dalam infrastruktur lapangan migas. Zhang Tiegang, mantan Deputy Chief Engineer, Exploration and Development Research Institute, Daqing Oilfield, juga menjelaskan keunggulan solusi Intelligent Oil & Gas Fields dalam skenario nyata di lokasi kerja.

Berkat fitur-fitur cloud computing Huawei, Daqing Oilfield mampu mengolah data seismik yang mencakup lahan seluas lebih dari 22.000 km persegi pada 2020, atau lebih dari dua kali lipat ketimbang fitur pengolahan data sebelumnya.

Huawei membangun ekosistem terbuka dan berkolaborasi dengan berbagai mitra guna menciptakan nilai tambah baru

Kolaborasi menjadi kunci penting dalam memperluas jangkauan solusi Huawei. Itu sebabnya, Huawei memperbarui sistem kemitraan dan berkolaborasi dengan beragam jenis mitra. David (Zhengyu) Shi, President, Enterprise Business Group, Huawei Middle East, mengemukakan pentingnya kolaborasi yang terjalin antara klien, mitra, dan Huawei guna menggerakkan inovasi. Untuk itu, Huawei telah membangun sistem layanan kemitraan yang mendukung transformasi digital E2E dan mengembangkan solusi inovatif.

Di sisi lain, Christen Bear membagikan pengalaman G2K Group ketika berkolaborasi dengan Huawei. Dia memperlihatkan solusi-solusi inovatif yang berhasil dikembangkan kedua pihak hingga saat ini. Menurutnya, berbagai peluang kolaborasi masih terbuka luas pada masa mendatang. Kedua pihak ingin terus menghadirkan konektivitas dan teknologi cerdas bagi klien, serta membuat standar baru dalam transformasi digital.

Sebagai vendor terkemuka di dunia yang menyediakan infrastruktur TIK dan perangkat cerdas, Huawei menawarkan berbagai produk perangkat keras dengan kinerja unggulan. Produk-produk ini membantu perusahaan migas membangun jaringan dan pusat data yang cepat dan andal.

Ke depan, Huawei akan terus menyasar industri migas, mengonsolidasikan keahlian mitra-mitranya, selalu mengembangkan solusi yang berbasiskan skenario penggunaan, serta berkolaborasi dengan klien guna menciptakan nilai tambah baru.

- Advertisement -Iklan
- Advertisement -Iklan
Must Read
- Advertisement -Iklan
Related News
- Advertisement -Iklan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here