Pertama di Dunia! Ilmuwan Jepang Berhasil Ciptakan Bayi dari 2 Tikus Jantan

Redaksi

Ilmuwan Jepang
Pertama di Dunia! Ilmuwan Jepang Berhasil Ciptakan Bayi dari 2 Tikus Jantan

Selain berhasil memproduksi anak tikus normal tahun lalu, para ilmuwan Jepang yang tergabung dalam tim penelitian Universitas Kyoto, kini membeberkan keberhasilan yang di luar dugaan selama ini.

Para ilmuwan Jepang ini berhasil menciptakan seekor bayi yang berasal dari 2 ekor tikus jantan. Di mana, studi ini dapat mengarah pada cara baru untuk membantu pasangan yang tidak subur untuk hamil.

Mereka menggunakan teknik untuk merubah kromosom seks laki-laki dari XY menjadi kromosom XX perempuan. Tim menghapus kromosom Y, menggandakan kromosom X, dan kemudian menggabungkan dua X, memungkinkan sel punca menjadi sel telur.

Baca Juga: Ada Unsur Anti Kristen, Serial The Last of Us Kembali Dikecam

Ilmuwan Jepang
Source: zmescience.com

Dilansir dari Wired.com, kelompok yang dipimpin oleh ahli biologi sel punca Mitinori Saitou, menemukan proses yang berhasil membiakkan sel ES dan iPS dalam campuran protein untuk menghasilkan sel mirip sel germinal primordial.

Namun, Saitou masih belum membenarkan hal ini dibawakan kepada manusia karena akan membutuhkan penyelesaian masalah etika yang pelik dan kesulitan teknis.

Dengan adanya penemuan ini peneliti membuka kemungkinan untuk bagi pasangan sesama jenis yang ingin memiliki anak kandung di masa depan. Selain itu teknologi ini juga dapat membantu menanggulangi ketidaksuburan yang ekstrim.

Sumber jurnal: https://www.science.org/doi/10.1126/science.1226889

Leave a Comment