Iklan

Inilah Ciri-Ciri Orang Kreatif

- Advertisement -Iklan
Orang kreatif sangat terpakai di banyak aspek kehidupan, terutama dalam pekerjaan. Kreativitas merupakan kemampuan seseorang untuk menciptakan suatu hal yang baru, baik dalam bentuk gagasan maupun sebuah karya nyata.

Seseorang dengan kreativitas yang tinggi umumnya dapat meraih kesuksesan karena mampu bersaing dengan orang lain dalam dunia pendidikan, pekerjaan, ataupun sosial.

Orang kreatif tidak takut kehilangan peluang, sebab ia akan menciptakan peluangnya sendiri. Mereka juga biasanya memiliki kondisi kesehatan mental yang baik karena mampu mengendalikan emosi, frustasi, dan perasaan kecewa.

Seperti Ini Ciri-Ciri Orang Kreatif

Orang kreatif cenderung memiliki kepribadian yang kompleks. Umumnya, mereka akan menunjukkan ciri-ciri seperti berikut ini:

1. Daya imajinasi yang tinggi

Mungkin orang kreatif sering terlihat melamun atau merenung. Namun sebenarnya, lamunannya tersebut tidak kosong, lho. Mereka mampu berpikir secara out of the box, yakni hal yang kadang tidak terpikirkan oleh orang lain.

Ketika orang lain berpikir hal tersebut sulit dilakukan, orang kreatif biasanya dapat melihat kemudahan dan solusi untuk mengatasinya. Walaupun sering dianggap sebagai “sang pemimpi”, ide-ide cemerlangnya tidak hanya berkutat di dalam pikirannya saja, namun juga terealisasikan.

2. Rasa ingin tahu yang besar

Orang kreatif memiliki rasa ingin tahu yang besar dan cenderung terbuka terhadap informasi apa pun. Maka tak heran, mereka mampu melihat suatu hal dengan cara pandang yang berbeda dan dapat menyelesaikan sesuatu dengan cara-cara yang unik.

3. Lebih berenergi

Orang kreatif cenderung lebih berenergi, baik secara fisik maupun mental. Mereka akan tekun dan antusias dalam melakukan inovasi yang muncul dari dalam pikirannya. Mereka juga bisa menghabiskan waktu yang lama untuk suatu hal yang menarik perhatiannya.

4. Memiliki batasan yang logis pada diri sendiri

Walaupun memiliki tekad yang kuat, orang kreatif tetap tahu dan punya batasan pada dirinya sendiri. Pasalnya, mereka mengenal kemampuan dirinya dengan baik, sehingga tidak akan memaksakan diri untuk melakukan suatu hal secara berlebihan.

Jadi, ketika waktunya bekerja, mereka akan mengerjakannnya sebaik mungkin. Namun, diwaktu istirahat, mereka memanfaatkannya dengan bersantai (me time) untuk mengembalikan energinya.

5. Mau menerima kritikan dan masukan

Meski mampu mendapatkan ide yang inovatif, orang kreatif tidak bersikap antikritik. Mereka menerima segala kritikan dan masukan yang disampaikan orang lain. Bahkan bgi mereka, ini justru bisa menjadi bahan evaluasi atau sebagai informasi tambahan untuk menemukan ide kreatif lainnya.

Jika kamu merasa kelima ciri-ciri di atas menggambarkan dirimu, selamat, ya! Mungkin kamu termasuk ke dalam orang-orang yang kreatif. Tetapi, bila ada beberapa poin yang tidak terdapat di dalam dirimu, jangan dulu bersedih. Kreativitas merupakan keterampilan yang bisa diasah, kok.

Kamu bisa memulainya dengan memikirkan suatu hal dari sudut pandang yang sederhana terlebih dahulu. Kemudian, kumpulkan lebih banyak informasi dari berbagai sumber. Jangan lupa mencatat apa yang kamu pikirkan dan dapatkan agar tidak ada poin yang terlewat.

Setelah menemukan banyak informasi, kamu bisa mengembangkan hal tersebut menjadi gagasan yang lebih kreatif dan berbeda dari sebelumnya. Ingat, jangan ragu untuk berimajinasi, ya.

Bila kamu mengalami kesulitan untuk mengembangkan kreativitasmu atau memiliki masalah yang sudah membuatmu sulit untuk berinovasi, coba konsultasikan hal tersebut kepada psikolog untuk mendapatkan saran yang tepat.

- Advertisement -Iklan
- Advertisement -Iklan
Must Read
- Advertisement -Iklan
Related News
- Advertisement -Iklan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here