Iklan

Kepribadian Sanguinis Disukai Banyak Orang dan Interaktif

- Advertisement -Iklan
Kepribadian sanguinis merupakan satu dari empat jenis kepribadian emosi. Seseorang dengan kepribadian ini dikenal lebih terbuka dan mudah bersosialisasi. Tak heran bila pribadi sanguinis kerap disukai orang dan memiliki banyak teman.

Seorang filsuf dan salah satu pelopor prinsip kedokteran modern bernama Hippocrates mengemukakan bahwa terdapat 4 tipe kepribadian dan karakteristik emosional manusia, yaitu koleris, melankolis, plegmatis, dan sanguinis.

Pengelompokkan tipe kepribadian ini didasarkan atas respons emosi seseorang ketika berperilaku dan berinteraksi dengan lingkungannya

Jenis kepribadian ini umumnya berbeda dengan penggolongan tipe kepribadian menurut Myers-Briggs Type Indicator (MBTI), yaitu penilaian kepribadian berdasarkan preferensi seseorang dalam merespons suatu informasi.

Salah satu tipe kepribadian MBTI yang mirip dengan tipe kepribadian ini adalah ENTP. Dibandingkan ketiga tipe lainnya, kepribadian sanguinis ini dikenal lebih optimis, energik, dan terbuka terhadap orang lain sehingga lebih mudah bersosialisasi dan mencari teman baru.

Karakter Kepribadian Sanguinis

Tipe kepribadian ini dapat ditemui pada wanita maupun pria. Seseorang dengan kepribadian ini cenderung lebih mudah untuk bercerita dan menyatakan pendapatnya kepada orang lain. Mereka juga memiliki jiwa petualang yang tinggi untuk mencoba hal baru dan tidak takut mengambil risiko.

Selain itu, pribadi ini pun biasanya ramah dan penuh kasih sayang. Itulah mengapa mereka bisa mudah membangun hubungan dengan orang baru dan banyak orang yang senang berteman dengannya.

Kelebihan dan Kekurangan Kepribadian Sanguinis

Sama halnya dengan tipe kepribadian lainnya, kepribadian sanguinis memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki orang dengan tipe kepribadian sanguinis:

  • Optimis
  • Penuh semangat dan percaya diri
  • Mudah bergaul
  • Ekspresif
  • Cerdas
  • Senang mencari pengalaman baru
  • Pembicara yang baik
  • Pemaaf

Di sisi lain, kekurangan dari kepribadian sanguinis adalah ceroboh, gegabah dalam membuat keputusan, sulit konsentrasi, tidak mudah puas, impulsif, ingin perhatian lebih dari orang di sekitarnya, cepat merasa bosan, dan mudah mengalami pergantian mood atau suasana hati.

Perbedaan Sanguinis dengan Kepribadian lainnya

Untuk lebih memahami kepribadian sanguinis, alangkah baiknya bila Anda mengetahui perbedaan dengan tipe kepribadian emosi lainnya, yaitu:

Kepribadian koleris

Kepribadian ini hampir sama dengan sanguinis, seperti suka mengambil risiko, ekstrovert, dan mudah merasa bosan.

Namun, hal yang membedakannya adalah orang dengan tipe kepribadian koleris tidak mudah membangun hubungan atau relasi dengan orang lain sehingga mereka hanya memiliki beberapa teman dekat.

Kepribadian melankolis

Selanjutnya adalah kepribadian melankolis. Pribadi ini cenderung pendiam, tertutup, dan sulit memercayai orang lain. Selain itu, kepribadian melankolis juga senang merencanakan sesuatu dengan detail dan bertindak secara hati-hati. Itulah yang membuatnya sangat bertolak belakang dengan kepribadian sanguinis.

Kepribadian plegmatis

Seseorang dengan pribadi plegmatis memiliki karakter yang mudah bergaul, tenang, dan dapat diandalkan. Jika dibandingkan dengan kepribadian sanguinis, tipe ini lebih malas dalam memutuskan sesuatu dan lebih suka bila orang lain membuat keputusan untuknya.

Tak hanya itu, tipe plegmatis juga tidak suka akan perubahan dan lebih menyukai hal yang bersifat rutin.

Nah, itulah karakter kepribadian ini dan perbedaannya dengan kepribadian lainnya. Manakah yang termasuk tipe kepribadian Anda?

- Advertisement -Iklan
- Advertisement -Iklan
Must Read
- Advertisement -Iklan
Related News
- Advertisement -Iklan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here