Masa Pemulihan, Marc Marquez Digantikan Iker Lecuona di MotoGP Spanyol

Faiza Marzano

Marc Marquez
Marc Marquez masih belum akan berpartisipasi di MotoGP Spanyol pada Senin (30/4) mendatang. Pasalnya, Juara Dunia 8 kali tersebut masih dalam masa pemulihan.

Pada Selasa (25/4) lalu, Marc Marquez menjalani pemeriksaan medis di Ruber Internacional Hospital, Madrid, Spanyol. Empat pekan sebelumnya, ia berhasil melakukan operasi usai patah tulang intraartikular metacarpal pertama di tangan kanan.

Marquez sudah absen di MotoGP Argentina dan Amerika Serikat usai alami crash di seri pembuka, yakni MotoGP Portugal. Untuk MotoGP Spanyol, ia akan digantikan pebalap World Superbike (WSBK), Iker Lecuona.

“Iker Lecuona dari Tim HRC di WSBK akan menggantikan Marc Marquez untuk Grand Prix Spanyol mendatang,” tulis pernyataan resmi Honda Racing Corporation, Rabu (26/4).

Marquez mengaku sedih melewatkan balapan di Sirkuit Jerez. Akan tetapi, penyembuhan tulangnya belum benar-benar selesai dan memaksakan mengaspal adalah keputusan yang berisiko.

“Kemarin kami melakukan CT scan lagi dan telah dipastikan bahwa, terlepas dari fakta bahwa cederanya berkembang dengan baik, penyembuhan tulangnya belum selesai dan balapan di Jerez berisiko,” ucap Marquez.

“Saya sangat menyesal melewatkan Grand Prix Spanyol karena selalu istimewa, karena suasananya, balapan di rumah dan yang terpenting, melihat dan menikmati para penggemar,” tambahnya.

Lebih lanjut, Marquez dan dokternya, Dr, Roger de Ona, memutuskan untuk mengambil waktu pemulihan lebih lama. Ia kemungkinan baru akan kembali melintas di MotoGP Prancis, 12-14 Mei mendatang.

“Bersama tim medis, kami memutuskan untuk tidak mengambil risiko apa pun, menunggu dua minggu lagi dan kembali ke Le Mans,” tutur Marquez.

Leave a Comment