MotoGP Inggris 2023: Aleix Espargaro Bikin Kejutan

Redaksi

MotoGP Inggris 2023
MotoGP Inggris 2023 berlangsung seru di Sirkuit Silverstone, Minggu (6/8/2023). Aleix Espargaro membuat kejutan pada lap terakhir.

Aleix Espargaro berhasil menjuarai MotoGP Inggris 2023. Disusul Francesco Bagnaia podium kedua, dan Brad Binder ketiga.

Pada saat balap dimulai, Jack Miller langsung melibas tikungan pertama dan memimpin balapan. Tak lama giliran Francesco Bagnaia yang merebut P3 dari Alex Marquez. Masuk lap dua, Bagnaia berhasil menyundul Bezzecchi untuk P2.

Meski sempat disusul Bezzecchi, Bagnaia berhasil gaspol sampai posisi terdepan.

Mendadak Jack Miller melebar di tikungan corps, dan merosot hingga P14. Masuk lap 5, Aleix Espargaro sukses menyusul Alex Marquez untuk P3.

Sayang nasib sial dialami Alex Marquez pada lap 6, terdapat masalah mekanik di motor MotoGP Ducati Desmosedici GP22 tunggangannya. Padahal Alex Marquez baru meraih juara balap Sprint MotoGP Inggris 2023 hari Sabtu (5/8/2023) kemarin.

Di lap yang sama, Marco Bezzecchi alami crash low side di tikungan 15. Akhirnya, pembalap tim Valentino Rossi itu gagal memperkecil gap poin dengan Bagnaia di klasemen MotoGP 2023.

Dengan begitu Aleix Espargaro naik ke P2, sementara P3 ditempati Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing).

Sedangkan, perebutan Brad Binder dan Maverick Vinales (Aprilia Racing) berlangsung sengit. Akhirnya pada lap 10, Maverick Vinales berhasil merebut P3 dari Brad Binder.

Jelang 8 lap terakhir, muncul bendera putih yang artinya pembalap diizinkan untuk mengganti motor ke settingan basah.

Sebelumnya sudah diprediksi kalau balap MotoGP Inggris 2023 akan turun hujan.

Pertarungan sengit di baris terdepan melibatkan Francesco Bagnaia, Aleix Espargaro, Maverick Vinales, dan Brad Binder.

Masuk lap 16, Maverick Vinales berhasil naik ke P2 setelah menyundul Aleix Espargaro yang satu tim. Air hujan makin terlihat jelas mengguyur Sirkuit Silverstone Inggris.

Di saat yang bersamaan dua pembalap terjatuh, yakni Marc Marquez dan Enea Bastianini (Ducati Lenovo Team).

Mencoba peruntungan, Fabio Di Giannantonio (Gresini Racing) dan Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha MotoGP) kembali ke pit untuk tukar motor settingan basah.

Sementara di depan, Brad Binder berhasil menggeser duo Aprilia. Namun tak lama Espargaro berhasil menusuk balik Binder untuk P2.

2 lap terakhir, Bagnaia terus membendung serangan dari Espargaro. Sedangkan Vinales tertinggal di P5, sementara perebutan P3 melibatkan Brad Binder dan Miguel Oliveira.

Di lap terakhir Aleix Espargaro berhasil merebut P1 dari Francesco Bagnaia.

Akhirnya Aleix Espargaro berhasil menjuarai MotoGP Inggris 2023. Disusul Francesco Bagnaia podium kedua, dan Brad Binder ketiga.

Artinya 3 pabrikan Eropa menguasai podium MotoGP Inggris 2023, yakni Aprilia, Ducati, dan KTM.

Leave a Comment