BerandaPRODUKPen Display Wacom Cintiq Pro 27 Resmi Diluncurkan

Pen Display Wacom Cintiq Pro 27 Resmi Diluncurkan

Produk pen display terbaru Wacom didesain agar memenuhi setiap kebutuhan kerja artis digital profesional dan tim produksi konten lewat teknologi pena dan sentuhan generasi baru, serta layar dan performa warna terbaik dengan ergonomika yang dapat dikustomisasi.

Wacom meluncurkan pen display Wacom Cintiq Pro 27, instrumen kreatif yang dikembangkan oleh anggota komunitas seni dan desain global bersama tim produk Wacom. Kolaborasi tersebut menghasilkan pengalaman penggunaan pena pada layar yang paling imersif hingga saat ini.

Bagi pekerja kreatif—ilustrator 2D, pembuat model 3D, animator, pengembang gim, artis produksi virtual, dan lain-lain—kanvas digital berukuran besar menawarkan interaksi yang mudah dengan aplikasi perangkat lunak kreatif, serta memberikan kenyamanan seperti yang terdapat pada seluruh perangkat Wacom.

Cintiq Pro 27 mencerminkan lompatan besar pada seluruh kategori produk yang penting bagi pengguna digital pen display, seperti performa pen yang semakin baik, fitur multi-touch, ergonomika yang optimal, refresh rate yang lebih cepat, serta warna yang jelas dan akurat.

Pengguna akan mengapresiasi layar berukuran 27″ dengan tampilan modern, bobot ringan, dan dimensi tipis, serta lebih ringkas dari layar Cintiq Pro 24. Produk pen display terbaru Wacom ini melengkapi model Cintiq Pro 16 dan Cintiq Pro 24 sehingga menghasilkan lini produk yang komplet untuk memenuhi setiap kebutuhan dan ruang kerja.

“Cintiq Pro 27 telah hadir, dan pekerja kreatif dapat mengandalkan input pena dan sentuhan yang intuitif dan natural, serta warna yang sangat akurat dan dikalibrasi oleh pabrik, refresh yang lebih cepat, serta fitur desain lain. Dengan demikian, pengguna merasa mudah dan nyaman ketika memproduksi dan membagikan karya kreatif,” ujar Faik Karaoglu, Executive Vice President, Branded Business Group, Wacom.

Pro Pen 3 dan fitur multi-touch membuat standar baru untuk kustomisasi dan performa

Cintiq Pro 27

Pengalaman penggunaan pena pada layar dengan Cintiq Pro 27 mengalami peningkatan drastis setelah peluncuran Pro Pen 3. Pengguna kini dapat mengubah bobot, ukuran barrel, titik berat (center of gravity) dari pena ini dengan komponen yang dapat saling dipertukarkan (interchangeable).

Kustomisasi pena turut mendukung pengguna memenuhi preferensi kerjanya sehingga sesi input digital semakin natural. Lebih lagi, Pro Pen 3 meningkatkan fitur tilt recognition dan still pada teknologi unggulan Wacom EMR (Electro-Magentic Resonance) dengan 8.192 level tekanan dan metode penggunaan tanpa baterai.

Berkat daya baterai pena yang tidak perlu diisi ulang, pengguna dapat menghemat waktu dan biaya. Tombol samping (side-switch) yang mudah diprogram juga terletak pada pena. Pengguna dapat menciptakan shortcut dan modifier perangkat lunak pada setiap aplikasi pressure-sensitive yang tersedia di pasar.

Fitur multi-touch kini melengkapi pena ini, dan sangat berguna untuk tangan nondominan pengguna saat memakai sejumlah program, khususnya aplikasi 3D yang membutuhkan satu tangan untuk memencet, memperbesar, dan merotasi model atau patung sambil memakai pena.

Bagi pengguna yang bekerja di tempat produksi virtual, fitur ten-point selective touch mempermudah pengaturan on-screen slider secara akurat, dan fitur lain yang dapat dinavigasi untuk menghasilkan alur kerja yang sangat efisien. Mengingat pen display ini berfungsi pada Mac dan PC, gerakan pada sistem operasi selalu tersedia bagi pengguna.

Sementara, fitur multi-touch dengan Linux bergantung pada dukungan aplikasi. Bagi pengguna yang ingin bekerja pada beberapa aplikasi tertentu tanpa fitur multi-touch, tombol on-off pun tersedia.

Layar brilian

Cintiq Pro 27

Layar baru Cintiq Pro 27 tidak memiliki paralaks dan latensi, serta menawarkan refresh rate yang jauh lebih cepat yakni 120 Hz. Maka, cursor bergerak dua kali lebih cepat ketimbang model sebelumnya. Dengan resolusi 4K yang luar biasa dalam warna 10-bita, DCI-P3 (Digital Cinema Initiatives – Protocol 3) hingga 98%, standar warna yang sesuai dengan industri film, serta akurasi warna Adobe® RGB hingga 99%, pengguna akan menikmati fidelitas layar dan pengalaman visual yang sangat realistis.

Layar ini tak hanya tervalidasi Pantone®, namun juga Pantone SkinTone sehingga memenuhi standar Pantone  yang menampilkan seluruh rona kulit manusia secara akurat. Bagi pengguna yang senang memindahkan keyboard shortcut yang paling sering dipakai hingga mendekati ruang kerjanya, ExpressKeys® grip-style, totalnya mencapai delapan, empat pada setiap sisi, telah tersedia pada bagian belakang layar demi mempermudah akses yang ergonomis.

Wacom juga melengkapi expandable bezel pada Cintiq Pro 27 agar pengguna memperoleh satu sandaran kecil untuk mengistirahatkan tangan, misalnya, sebuah papan ketik (keyboard) atau ponsel pintar. Layar Cintiq Pro 27 juga lebih ringkas ketimbang Cintiq Pro 24, sehingga produk ini semakin hemat tempat dan mewujudkan ruang kerja yang lebih rapi dan efisien. Lapisan kaca yang terpatri dan berkonsep edge-to-edge memberikan kendali yang lebih akurat, serta pengalaman pena pada layar yang natural bagi artis.

Dudukan baru yang didesain bagi pengguna

Dudukan (stand) baru Cintiq (dijual terpisah) selaras dengan desain modern dan ringkas dari pen display tersebut. Dudukan ini sepenuhnya dapat diatur agar sesuai dengan setiap posisi kerja, bahkan mendukung rotasi layar +/- 20 derajat. Bagi pengguna yang menginginkan opsi dudukan lain, layar ini juga memiliki Vesa mount untuk dudukan OEM yang berbeda.

Berfungsi dengan beragam aplikasi perangkat lunak. Tahap uji coba (trial) perangkat lunak baru juga tersedia

Seluruh aplikasi perangkat lunak favorit pengguna Wacom Cintiq Pro 27 dari setiap bidang kreatif akan saling terhubung secara ideal dengan pen display terbaru ini. Maka, aplikasi unggulan dari Adobe®, Autodesk®, Corel®, Pixologic®, dan Foundry® akan selalu memberikan hasil terbaik bagi pengguna Cintiq Pro.

Menawarkan perspektif baru bagi pelanggan Cintiq Pro 27, Wacom menyediakan akses untuk tahap uji coba (trial) perangkat lunak selama tiga bulan saat peluncuran produk: Celsys’® Clip Studio Paint EX, aplikasi menggambar digital yang lengkap dan mudah dipakai untuk membuat komik, ilustrasi umum, dan animasi 2D, serta MASV®, aplikasi berbagi berkas (file sharing) yang berbasiskan komputasi awan bagi pekerja kreatif.

Tahap uji coba perangkat lunak lainnya yang segera tersedia pada Oktober ini adalah Shapr3D®, perangkat CAD intuitif yang mempermudah dan mempercepat pembuatan model 3D, serta Bluescape®, solusi kolaborasi visual dengan fitur whiteboarding, kanvas tanpa batas, dan pencarian gambar. Lebih lagi, tahap uji coba selama 90 hari untuk Toon Boom®’s Harmony agar pengguna dapat membuat animasi 2D terpadu, dan aplikasi Storyboard Pro, solusi storyboard terbaru, dapat diunduh pada minggu kedua Oktober.

Ketersediaan dan Aspek Keberlanjutan Produk

Wacom juga memerhatikan lingkungan hidup. Maka, lebih dari 50% bodi utama layar dan dudukan produk memakai plastik PCR.

Segera tersedia di berbagai gerai di Asia Tenggara mulai 24 Oktober 2022, Cintiq Pro 27 dan dudukannya akan dijual di Wacom eStore, Wacom Official Store di Lazada dan Shopee, serta mitra resmi Wacom lainnya.

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -