Sosok Letkol Afri Budi Cahyanto Pejabat Basarnas yang Ditangkap KPK

Redaksi

Letkol Afri Budi Cahyanto
Letkol Afri Budi Cahyanto salah satu dari delapan orang diamankan dalam operasi tangkap tangan atau OTT yang dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK pada Selasa (25/7/2023).

Letkol Afri Budi Cahyanto merupakan pejabat Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional atau Basarnas.

Sementara, Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK, Ali Fikri, mengatakan delapan orang tersebut merupakan jumlah sementara pihak-pihak yang berhasil diamankan oleh tim penyelidik dan penyidik KPK.

“Informasi yang kami terima, sementara yang diamankan ada sekitar delapan orang, salah satunya pejabat di Basarnas RI,” ujar Ali pada Selasa (25/7/2023) malam.

Namun, Ali belum merincikan siapa saja nama-nama para pihak yang terjaring OTT tersebut. Dia hanya mengatakan bahwa tim KPK mengamankan penyelenggara negara, swasta, dan pihak lainnya.

Mereka ditangkap di sekitar daerah Cilangkap, Jakarta Timur dan Jatisampurna, Bekasi, Jawa Barat. “Tempat ditangkapnya para pihak diantaranya di sekitaran daerah Cilangkap dan Jatisampurna Bekasi,” ujar Ali.

Selain menangkap delapan orang tersebut, Ali menyampaikan turut diamankan barang bukti berupa sejumlah uang dalam OTT KPK tersebut.

Namun, Ali belum dapat memastikan jumlah uang yang diamankan oleh tim penyidik KPK. Jumlahnya, kata dia, masih harus dikonfirmasi kepada pihak-pihak yang diamankan.

Sementara, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengatakan pejabat Basarnas dan para pihak lainnya diamankan karena diduga melakukan penyerahan uang terkait dugaan korupsi pengadaan barang dan jasa.

Saat ini, kata dia, KPK memiliki waktu 1×24 jam untuk menentukan status hukum pejabat Basarnas tersebut dan pihak lainnya.

“Kami masih dalam proses pemeriksaan mohon bersabar,” ungkap Nurul Ghufron.

Letkol Afri Budi Cahyanto diketahui merupakan perwira TNI Angkatan Udara (AU) yang ditugaskan di luar institusi TNI. Ia saat ini menjabat sebagai Koordinator Administrasi (Koorsmin) Kabasarnas.

Sebelum bertugas di Basarnas, Letkol Afri Budi Cahyanto  pernah menjabat sebagai Kapekas Lanud Roesmin Nurjadin di Pekanbaru, Riau.

Dilansir dari laman resmi TNI AU, Letkol Afri Budi Cahyanto tercatat sebagai alumnus Perwira Karier TA 2022/2003.

Leave a Comment