Tampilan WhatsApp akan Dirombak Besar-Besaran

Redaksi

Tampilan WhatsApp
WABetaInfo mengabarkan bahwa tampilan WhatsApp (WA) akan dirombak secara besar-besaran. WABetaInfo merupakan situs yang kerap membocorkan bakal fitur baru WA.

Menurut WABetaInfo, perombakan tampilan WhatsApp sudah muncul di pembaruan WhatsApp beta untuk Android versi 2.23.13.16. Namun, hanya segelintir pengguna beta versi Android saja yang “beruntung” mendapat tampilan baru ini.

Dalam tampilan antarmuka (user interface/UI) terbaru, tampilan WhatsApp membawa elemen Material Design 3 UI. Material Design ini merupakan bahasa desain yang dirancang Google.

Di Material Design 3, ada beberapa bahasa desain baru yang dibawa, seperti tema, komponen, dan palet warna yang dinamis, sesuai gaya visual dan UI sistem operasi Android terbaru.

Nah, tampilan WhatsApp yang baru, akan menyesuaikan dengan bahasa desain ini. Dari segi warna, WhatsApp masih akan menggunakan nuansa hijau yang khas. Akan tetapi, warna hijau yang sebelumnya memenuhi header atau sisi atas ruang obrolan (chatroom), akan berubah menjadi putih.

Hanya logo “WhatsApp” di sisi kiri saja yang akan berwarna hijau, dari sebelumnya putih. Jenis huruf (font) yang digunakan juga tampak berubah. Bentuk font terbaru agak membulat di ujung-ujung huruf, memberikan kesan yang lebih modern.

Perubahan lain adalah navigasi bar yang mencakup menu utama, yakni “Chat”, “Status”, “Community”, dan “Calls”, akan berpindah ke sisi bawah. Sebelumnya, menu tersebut terletak di sisi atas.

Sebetulnya, perubahan navigasi bar tersebut sudah muncul di update WhatsApp beta untuk Android di versi sebelumnya.

Perubahan lain juga akan muncul di sisi atas. Nantinya, akan ada kategori pesan yang akan memudahkan pengguna untuk mengelola percakapan.

Beberapa kategori tersebut adalah “All” (semua), “Unread” (belum dibaca), “Personal” (pribadi), dan “Business” (bisnis). Dengan kategori tersebut, pengguna bakal bisa lebih mudah memfilter pesan mana yang sudah dibaca, mana pesan pribadi, dan mana pesan bisnis.

Berikut adalah contoh perbandingan tampilan aplikasi Whatsapp Android saat ini dan versi baru yang masih dalam tahap uji coba.

Perombakan tampilan UI WhatsApp ini juga dikabarkan sedang diuji coba di WA beta untuk iOS, versi 23.17.1.77. Update ini digulirkan lewat program beta untuk iOS, TestFlight.

Karena masih tahap diuji coba, ada kemungkinan tampilannya akan berubah, sebelum resmi dirilis ke publik.

Belum ada informasi lebih lanjut mengenai perilisan tampilan WhatsApp yang baru. Anda bisa rutin melakukan pembaruan aplikasi (update) di toko aplikasi resmi Apple App Store atau Google Play Store untuk mendapatkan fitur terbaru dari WhatsApp.

Leave a Comment