Erick Thohir Pastikan Proses Naturalisasi Ivar Jenner dan Rafael Struick Segera Rampung

Faiza Marzano

Erick Thohir
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memastikan proses naturalisasi terhadap dua pemain keturunan Indonesia, Ivar Jenner dan Rafael Struick akan segera rampung.

Erick Thohir mengatakan, saat ini proses naturalisasi terhadap keduanya sudah memasuki tahap akhir. Bahkan, Erick menyebut bahwa keduanya bakal di sumpah menjadi WNI pada pertengahan Mei mendatang.

“Nanti kita tunggu prosesnya kan baru selesai. Mungkin Minggu depan (diangkat sumpah), mungkin di pertengahan Mei sesudah SEA Games kita coba bawa mereka ke Indonesia, pulang kampung,” kata Erick kepada wartawan, Jumat (5/5) malam.

Ivar Jenner merupakan pemain keturunan Indonesia yang saat ini bermain untuk FC Utrecht, tim profesional yang berkompetisi di Divisi 2 Liga Belanda atau Eerste Divisie.

Sedangkan Rafael Struick merupakan pemain keturunan Indonesia yang kini membela ADO Den Haag yang juga merupakan tim yang berkompetisi di kasta kedua sepak bola Belanda, Eerste Divisie.

Erick mengatakan, begitu sudah berstatus sebagai WNI, peluang keduanya untuk memperkuat Timnas Indonesia saat tampil di Asian Games terbuka lebar. Terlebih, saat ini PSSI sedang berupaya membentuk tim nasional Indonesia jangka panjang yang berisi para pemain muda bertalenta.

Nantinya, lanjut Erick, Indonesia akan menggelar serangkaian laga FIFA Matchday yang akan dijadikan ajang untuk menjaring para pemain muda terbaik.

“Nah salah satu diskusi yang saya dengan coach Shin Tae-yong itu kita akan mulai membentuk tim jangka panjang. Yaitu di usia-usia muda dan juga para pemain yang bisa kita harapkan memperkuat tim nasional,” ujarnya.

“Nah, kalender ini yang kita tentu siapa pun yang terbaik sesuai dengan klasifikasi ya kita coba dorong sebaik-baik mungkin agar kita punya tim nasional yang konsisten,” tandasnya.

Leave a Comment