Indomie Rasa Ayam Spesial Picu Kanker, Malaysia Tarik Produk dari Pasaran

Redaksi

Indomie Rasa Ayam Spesial

Indomie Rasa Ayam Spesial Picu Kanker, Malaysia Tarik Produk dari Pasaran

Menyusul penemuan kandungan zat pemicu kanker etilen oksida dari produk Indomie Rasa Ayam Spesial oleh otoritas Taiwan, Malaysia menarik peredaran produk mie asal Indonesia tersebut.

Dirjen Kesehatan Malaysia, Datuk Dr Muhammad Radzi Abu Hassan membenarkan terkait penarikan produk mie yang berasal dari Indonesia tersebut.

“Kementerian telah mengeluarkan perintah hold, test and release untuk produk di semua titik masuk ke dalam negeri. Kementerian juga telah menginstruksikan perusahaan untuk secara sukarela menarik kembali produk tersebut dari pasar,” kata Radzi seperti dikutip dari The Star Kamis (27/4).

Baca Juga: Crazy Rich Indonesia Beli Rumah Mewah Rp 2,3 T di Singapura

Selain Indomie Rasa Ayam Spesial, Malaysia juga melakukan penarikan jenis produk mie instan lainnya yang diproduksi di dalam negeri Malaysia seperti Mie Kari Putih Ah Lai. Produk mie itu juga diduga mengandung etilen oksida.

“Kementerian Kesehatan telah menginstruksikan produsen untuk secara sukarela menarik mie instan yang habis masa berlakunya pada 25 Agustus 2023 dari pasar lokal,” katanya.

Etilen oksida seringkali dihubungkan dengan penyakit limfoma dan leukemia. Senyawa ini beracun jika dikonsumsi atau dihirup. Selain itu, etilen oksida juga menyebabkan iritasi serius pada kulit dan mata siapa pun yang bersentuhan dengan zat tersebut. Bahkan dapat memicu cacat lahir dan keturunan.

Leave a Comment