Salah Satu Fitur di WhatsApp Bikin Saldo di Rekening Anda Ludes Kalau Diaktifkan

Redaksi

Fitur di WhatsApp
Ternyata ada salah satu fitur di WhatsApp yang perlu Anda waspadai kalau diaktifkan. Fitur ini beresiko membuat HP Anda gampang diretas sehingga bisa membuat saldo di rekening ludes.

Fitur di WhatsApp ini belakangan banyak sekali memicu munculnya kasus kejahatan digital yang terjadi di tengah masyarakat. Kebanyakan kasus yang ada bermula dari aplikasi perpesanan WhatsApp.

WhatsApp sendiri merupakan salah satu aplikasi perpesanan yang populer. Hampir semua orang yang memiliki smartphone, punya aplikasi WhatsApp.

Dengan semakin luasnya penggunaan aplikasi WhatsApp sebagai platform komunikasi, kejahatan siber juga semakin meningkat.

Seperti misalnya peretasan atau phishing yang belakangan sering terjadi. Namun, rupanya ada satu fitur di WhatsApp yang justru bikin HP Anda mudah diretas kalau diaktifkan.

Untuk itu, pastikan Anda menonaktifkan fitur satu ini agar HP aman dari peretas.

Apa fitur WhatsApp yang dimaksud?

Fitur WhatsApp yang Harus Dinonaktifkan Agar HP Tidak Mudah Diretas. Fitur WhatsApp yang dimaksud di atas adalah fitur download.

WhatsApp memiliki fitur auto download yang secara default mengizinkan pengguna untuk secara otomatis mendownload file. Seperti gambar, video, dan dokumen yang diterima melalui pesan.

Fitur ini sebenarnya dirancang untuk memudahkan pengguna. Namun, kalau diaktifkan oknum nakal dapat menggunakan metode ini untuk menyebarkan file berbahaya dan mencuri informasi pribadi di HP Anda.

Untuk itu, langkah yang dapat diambil untuk melindungi HP Anda adalah dengan menonaktifkan fitur auto download di aplikasi tersebut.

Lalu, bagaimana cara menonaktifkannya?

Berikut adalah langkah-langkah untuk menonaktifkan fitur auto download di WhatsApp

  1. Buka aplikasi WhatsApp di perangkat Anda.
  2. Tap ikon titik tiga di pojok kanan atas layar untuk membuka menu.
  3. Pilih Pengaturan dari menu yang muncul.
  4. Di jendela Pengaturan, pilih Chat atau Pengaturan Chat (nama opsi ini dapat berbeda tergantung pada versi WhatsApp yang Anda gunakan).
  5. Cari opsi Unduh Media secara otomatis atau Auto Download dan tap pada opsi ini.
  6. Anda akan melihat tiga pilihan: Data Seluler, Wi-Fi, dan Roaming Data.
  7. Tap pada setiap opsi dan pilih Tidak Pernah untuk menonaktifkan fitur auto download untuk tipe koneksi tersebut.
  • Data Seluler mengacu pada penggunaan jaringan seluler Anda.
  • Wi-Fi mengacu pada penggunaan jaringan Wi-Fi.
  • Roaming Datamengacu pada penggunaan jaringan saat Anda berada di luar negara asal Anda.

Dengan menonaktifkan fitur auto download di semua opsi ini, WhatsApp tidak akan lagi secara otomatis mendownload gambar, video, atau dokumen yang dikirimkan kepada Anda melalui pesan.

Sebaliknya, Anda akan mendapatkan pemberitahuan dan dapat memilih untuk mengunduhnya secara manual jika Anda merasa pesan tersebut aman.

Leave a Comment