Timnas Timur Leste U22 Buat Kejutan Kalahkan Filipina 3-0

Redaksi

Timnas Timur Leste
Timnas Timur Leste U22 bangkit setelah mengalami kekalahan dua kali secara beruntun pada babak penyisihan Group A SEA Games 2023. Dikalahkan Kamboja 4-0 dan Myanmar 1-0 dan secara mengejutkan berhasil mengalahkan Filipina 3-0.

Kemenangan Timnas Timur Leste U22 diawali dengan gol dari Mouzinho pada menit ke 15 yang berhasil melesatkan bola saat satu lawan satu dengan kiper Filipina Quincy Kameraad.

Namun, pertandingan yang digelar di Stadion Olimpiade, Kamis (4/5/2023) diwarnai kartu merah. Setelah Denis Chung melakukan pelanggaran keras terhadap pemain Timur Leste sehingga Timnas Filipina U-22 harus bermain dengan 10 pemain.

Meski unggul jumlah pemain, Timor Leste tetap kesulitan menambah gol. Timor Leste mutlak menguasai permainan, akan tetapi lebih banyak membuang waktu dengan melakukan operan-operan tanpa melakukan serangan intesif ke pertahanan Filipina.

Sejumlah pemain Timor Lester, salah satunya Zenivio Conceicao, juga kerap melakukan teknik-teknik individu yang mubazir.

Kiper Quincy Kameraad membuat penyelamatan dengan mementahkan tendangan kaki kiri Zenivio dari sisi kiri pada menit ke-43.

Tidak berselang lama, Olagar Xavier juga memberikan ancaman setelah tendangan kaki kanannya dari jarak jauh masih membentur mistar gawang Filipina. Timor Leste unggul 1-0 di babak pertama.

Pada menit ke-49 Mouzinho nyaris menggandakan kedudukan Timor Leste. Akan tetapi tendangan Mouzinho dari jarak dekat ditepis Kameraad.

Filipina terlihat tetap bermain keras pada babak kedua meskipun sudah kehilangan satu pemain akibat kartu merah di babak pertama. Tekel-tekel yang berujung pelanggaran diberikan Filipina guna menghentikan aksi-aski pemain Timor Leste.

Luis Figo menambah keunggulan Filipina pada menit ke-54. Figo lolos dari perangkap offside Filipina saat menerima umpan terobosan John Frith.

Mouzinho membuang peluang emas Timor Leste pada menit ke-75. Setelah berhadapan dengan Kameraad, Mouzinho tidak lantas mengeksekusi bola, sehingga hanya membuahkan goal kick untuk Filipina.

Filipina mendapatkan tembakan ke gawang pertama dalam laga ini setelah tendangan kaki kiri Gallantes yang memanfaatkan umpan silang dari sisi kanan ditepis kiper Georgino Da Silva pada menit ke-76.

Menjelang laga bubar, Timor Leste menambah gol melalui tendangan kaki kanan Elias Mesquita yang memanfaatkan umpan tarik Zenivio dari sisi kiri pada menit ke-89. Timor Leste menang 3-0 atas Filipina yang bermain dengan 10 orang sejak menit ke-27.

Leave a Comment