Wali Kota Bandung Yana Mulyana Ditangkap KPK

Redaksi

Wali Kota bandung
Wali Kota Bandung, Yana Mulyana bersama beberapa orang lainnya ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Operasi Tangkap Tangan (OTT), Jumat (14/4/2023).

“Betul, KPK, telah melakukan kegiatan tangkap tangan terhadap beberapa orang yang sedang melakukan tindak pidana korupsi,” ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri, Sabtu (15/4/2023).

“Beberapa orang yang ditangkap diantaranya, benar Wali Kota Bandung,” imbuhnya

OTT dilakukan diduga terkait kasus suap atas pengadaan CCTV dan jasa penyedia jaringan internet di program tersebut. Selain Yana Mulyana, KPK juga menangkap delapan orang lainnya yang diketahui beberapa di antaranya merupakan pejabat Dinas Perhubungan Kota Bandung.

“KPK juga mengamankan bukti uang,” kata dia.

Uang yang diamankan, lanjut Ali, dalam bentuk pecahan rupiah. Selain itu Yana diduga menerima suap dengan jumlah miliaran rupiah.

Namun temuan bukti awal saat OTT masih berjumlah ratusan juta rupiah, sehingga ada kemungkinan terus bertambah.

Ali melanjutkan saat ini para pihak yang sudah ditangkap menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK.

“Jadi masih akan dikonfirmasi lebih dahulu kepada para pihak terperiksa,” ujar Ali.

Di Pilkada Bandung 2018, Yana yang berasal dari Partai Gerindra maju sebagai wakil walikota berpasangan dengan Oded Muhammad Danial yang merupakan kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Namun Oded meninggal dunia pada 10 Desember 2021 karena serangan jantung, sehingga posisinya sebagai Walikota digantikan oleh Yana Mulyana.

Yana seharusnya menjabat hingga akhir 2023 ini.

Leave a Comment