Zulfani Pasha ‘Ikal Laskar Pelangi’ Akui Pernah Pakai Sabu, Polisi Ungkap Hasil Tes Urine

Faiza Marzano

Zulfani Pasha
Polisi melakukan pemeriksaan urine pada Zulfani Pasha, sang istri (PA) dan ketiga orang lainnya. Setelah pemeriksaan, polisi membeberkan hasil tes urine dari aktor pemeran Ikal di film “Laskar Pelangi” itu.

Zulfani Pasha dan 4 orang lainnya dipastikan negatif dari zat obat-obatan terlarang. Meski begitu, polisi membeberkan pengakuan Zulfani yang ternyata pernah memakai sabu.

“Sudah dilakukan tes urine terhadap mereka hari ini. Dari hasil tes urine, lima orang ini negatif termasuk saudara ZP,” seru Kasat Reskrim Polres Belitung Timur AKP Wawan Suryadinata. “Namun dari pengakuannya, dia pernah menggunakan sabu di masa lalu.”

Sejauh ini, polisi belum membeberkan langkah berikutnya usai penangkapan Zulfani Pasha. Yang pasti, aktor lulusan IKJ itu terancam hukuman berat terkait dugaan penipuan dan penyalahgunaan senjata tajam. Ia diduga melanggar pasal 378 KUHP dan pasal 2 ayat 1 UU nomor 12 tahun 1951 tentang senjata tajam dengan ancaman hukuman maksimal 14 tahun penjara.

Sebelumnya, Zulfani dan istri dituding sekongkol menipu pria pemesan layanan aplikasi open BO. Dalam modusnya, Second Assistant Director dalam film arahan sutradara Joko Anwar, “Gundala”, pada 2019 tersebut bekerjasama dengan PA untuk merampas uang korban senilai Rp500 ribu.

“Kronologi kasus penipuan terungkap setelah korban penipuan, yakni R melapor ke polisi,” kata AKP Wawan. “Korban merasa tertipu oleh pelaku yang pura-pura sebagai pengguna layanan MiChat. Korban tertipu Rp500 ribu. Saat di hotel, PA membawa kabur uang pria pemesan tersebut bekerjasama dengan suaminya.”

Yang menarik, sosok PA ternyata merupakan istri baru Zulfani. Adapun sebelumnya, Zulfani pernah menikah dengan perempuan cantik berhijab bernama VP. Pernikahan Zulfani dan VP digelar di masa pandemi COVID-19 pada 2020 silam. Sayangnya setelah dua tahun menikah, Zulfani dan VP ternyata sudah resmi bercerai sejak 2022.

“Maaf kak, tolong dihapus fotonya, istri Zulfani bukan saya,” bantah VP pada 2 Mei. “Saya sudah resmi berpisah Agustus tahun kemarin. Inisial PA itu nama istrinya yang baru. Saya gak terlibat atas kasus ini, jadi mohon dihapus foto saya.”

Leave a Comment