Bahaya Akses Jaringan WiFi Bocor, Inilah Cara Mengatasinya

Redaksi

Jaringan WiFi
Mengakses jaringan WiFi orang lain memiliki nilai komersial. Bentuk paling sederhana seperti menggunakan koneksi tetangga, ini menghubungkan ke WiFi orang lain memudahkan untuk mencuri foto dan dokumen dari perangkat jaringan lainnya.

Lebih buruk lagi adalah ketika jaringan WiFi disusupi untuk aktivitas ilegal, seperti spamming atau serangan DDoS. Memanfaatkan jaringan WiFi yang ditemukan sekali saja, penyerang dapat meretas perangkat di dalamnya (router itu sendiri, penyimpanan yang terpasang di jaringan rumah (NAS), kamera pengintai video, atau perangkat lain yang mudah diretas) — lalu menggunakannya sebagai server proxy, tanpa bantuan lebih lanjut ke “layanan” WiFi.

Proksi yang beroperasi dari jaringan rumah sangat diminati oleh penjahat siber. Tentu saja, pemilik perangkat yang diretas menanggung bebannya: internet mereka lebih lambat; alamat IP mereka masuk ke berbagai daftar penolakan; dan, dalam kasus yang jarang terjadi, mereka mungkin diblokir oleh ISP atau bahkan mendapat kunjungan polisi.

Adapun printer, kamera, dan perangkat lain di jaringan kantor, pengaturan Wi-Fi mereka dapat digunakan untuk menyerang perusahaan yang bersangkutan. Vektor serangan ini sangat bagus untuk peretas, karena di banyak perusahaan, keamanan siber disiapkan untuk melindungi dari ancaman dari internet, sementara perangkat kantor — terutama printer — kurang mendapat perhatian. Dengan terhubung ke jaringan WiFi, penyerang dapat dengan mudah melakukan pencurian data dan/atau serangan ransomware.

Bagaimana pengaturan WiFi dicuri

Sebagian besar perangkat menyimpan informasi jaringan WiFi dalam bentuk yang tidak terlindungi, membuatnya mudah untuk diretas dari gadget yang dibuang atau dijual. Juga tidak sulit untuk mengetahui siapa yang sebelumnya memilikinya:

  • Jika Anda menjualnya, pembeli dapat mengetahui itu berasal dari Anda;
  • Jika Anda memutuskan untuk mendaur ulang perangkat, mungkin Anda meninggalkan detail kontak saat menyerahkannya;
  • Jika Anda membuangnya, kemungkinan besar benda itu berada di tempat yang sangat dekat dengan tempat Anda menggunakan perangkat.

Petunjuk seperti itu membuat jaringan WiFi Anda mudah ditemukan, dan kata sandinya ada di memori perangkat. Untuk menambah kredibilitas, penyerang dapat terhubung ke jaringan Anda dengan memalsukan alamat MAC dari perangkat yang dibuang.

Bagaimana cara terlindung dari kebocoran WiFi

Setel ulang dan hapus. Langkah keamanan yang paling jelas adalah menghapus pengaturan dari semua perangkat sebelum berpisah dengannya. Untuk laptop dan komputer, disarankan untuk memformat drive secara fisik; untuk peralatan lain, Kaspersky menyarankan reset pabrik penuh dengan penghapusan semua data.

Setelah menyetel ulang, buka setelan jaringan dan pastikan semuanya benar-benar hilang — lalu lakukan setel ulang kembali untuk memastikan dua kali. Sayangnya, kualitas reset pabrik bervariasi tergantung pada perangkat dan pabrikan, dan tidak ada jaminan bahwa reset benar-benar menghapus semuanya.

Mengubah pengaturan WiFi. Metode ini memang agak sedikit rumit, namun andal dan tidak terlalu sulit secara teknis. Setelah menghapus perangkat, ubah kata sandi jaringan WiFi dan perbarui pengaturan di semua perangkat Anda yang lain. Semakin sedikit perangkat yang Anda miliki, semakin sedikit masalah tentunya. Selalu gunakan kata sandi yang kuat dan panjang. Ketika mengubahnya, buatlah kata sandi secara acak dibandingkan hanya dengan menambahkan angka atau huruf di bagian akhir.

Kaspersky Password Manager, yang disertakan dalam langganan Kaspersky Premium, akan membantu Anda melakukan ini. Di pengaturan WiFi, pilih enkripsi WPA2 atau WPA3.

Kontrol akses yang ketat. Setiap perangkat yang terhubung dengan WiFi memiliki hak akses jaringannya sendiri. Untuk jaringan kantor dan rumah yang terkonfigurasi dengan baik, mengelola hak akses WiFi di tingkat perangkat akan membantu — router Wi-Fi Anda harus mendukung pengaturan ini.

Konfigurasikan perute sehingga perangkat yang tidak dikenal maupun yang baru terhubung benar-benar terisolasi dan dilarang mendapatkan akses internet atau perangkat apa pun di jaringan rumah hingga Anda mengizinkannya secara eksplisit. Saat membuang atau menjual perangkat, pastikan untuk mengisolasinya di pengaturan router — bukan hanya menghapusnya dari daftar.

Kemudian, meskipun penyerang mencoba menyambung ke router melalui kredensial yang dicuri, akses tidak akan dapat diberikan. Opsi sederhana untuk kontrol akses WiFi. Bagi mereka yang menganggap metode sebelumnya agak terlalu rumit, Kaspersky merekomendasikan panduan keamanan rumah pintar kami, yang melihat secara mendetail cara mengonfigurasi WiFi rumah dengan benar dan mengelompokkannya untuk berbagai kategori perangkat: komputer, ponsel cerdas, gadget rumah pintar , dan perangkat tamu (guest devices).

Terakhir, untuk melindungi WiFi rumah Anda dari orang luar, kami merekomendasikan fitur “Devices on My Network” di Kaspersky Premium. Pada peluncuran pertama, fitur secara otomatis memetakan jaringan rumah Anda dan mengidentifikasi nama serta jenis setiap perangkat, selanjutnya terus memantau jaringan apabila terdapat “orang asing/strangers” dan memperingatkan jika perangkat baru yang tidak dikenal muncul.

Jika ada sesuatu dalam daftar yang terlihat tidak pada tempatnya, Anda dapat menyelidiki dan mengambil tindakan: mulai dari mengubah kata sandi WiFi hingga menonaktifkan perangkat yang tidak dikenal. Dan Kaspersky Premium akan memandu Anda melalui proses tersebut.

Leave a Comment