Cara Kirim Foto Berkualitas HD di WhatsApp Tak Perlu Pakai Fitur Dokumen

Redaksi

Updated on:

Cara Kirim Foto HD di WhatsApp

Cara Kirim Foto Berkualitas HD di WhatsApp Tanpa Perlu Pakai Fitur Dokumen!

Ketika pengguna aplikasi WhatsApp ingin mengirimkan foto kualitas HD ke pengguna lainnya, masalah yang biasa dihadapi adalah kualitas foto yang terkirim menjadi menurun atau ter-compress secara otomatis.

Untuk mengakalinya, kebanyakan pengguna WhatsApp bakal menggunakan fitur pengiriman “Documents (Dokumen)” agar bisa mengirim foto kualitas HD (High Definition).

Kabar baiknya, WhatsApp sudah meng-upgrade (meningkatkan) fitur “Sharing Photos (Berbagi foto)” sehingga para pengguna kini dapat mengirimkan foto kualitas HD secara mudah.

Pengguna WhatsApp dapat mengirimkan foto kualitas HD ke pengguna lainnya dengan resolusi maksimal 2304 x 4096.

Pengumuman fitur ini diketahui berdasarkan unggahan video yang baru-baru ini diposting oleh CEO Meta, Mark Zuckerberg, di platform media sosial Facebook.

“Sharing Photos di WhatsApp baru saja di-upgrade — sekarang Anda dapat mengirimkannya dalam kualitas HD,” tulis Mark di caption (keterangan) video yang dipostingnya.

Upgrade fitur ini sudah bisa dijajal pengguna WhatsApp di Indonesia melalui WhatsApp Android versi 2.23.16.76.

Di iOS, WhatsApp dengan versi serupa juga kemungkinan sudah bisa memakai fitur Sharing Photos kualitas HD ini.

Dalam keterangan resmi yang diterima InfoKomputer, WhatsApp mengatakan bahwa fitur tersebut dilindungi oleh enkripsi end-to-end WhatsApp, sehingga menjamin keamanan data setiap pengguna.

Untuk memastikan berbagi foto melalui WhatsApp tetap cepat dan andal, kualitas standar akan terus menjadi pilihan default saat pengguna menggunakan fitur Sharing Photos.

“Selain itu, jika Anda menerima foto ketika Anda memiliki konektivitas bandwidth rendah, Anda dapat memilih berdasarkan foto demi foto apakah akan menyimpan versi standar atau tingkatkan ke HD,” tulis keterangan WhatsApp.

Sebagai informasi, setelah mengumumkan fitur Sharing Photos dalam kualitas HD, WhatsApp dalam waktu dekat juga akan menghadirkan fitur pengiriman video dalam kualitas HD.

Cara Kirim Foto Kualitas HD di WhatsApp

Bagi pengguna yang sudah mendapatkan upgrade fitur Sharing Photos dalam kualitas HD, ketika ingin mengirim foto ke pengguna lainnya akan melihat pilihan apakah foto mau dikirim dalam kualitas “standard quality” atau “HD quality”.

Jika ingin mengirim foto dalam kualitas tinggi atau resolusi aslinya, tinggal pilih HD quality dan tambahkan caption (keterangan), lalu kirim foto.

Saat menerima foto berkualitas tinggi, pengguna akan melihat label “HD” yang terletak di pojok kiri bawah foto.

Jadi jika tidak ada label HD, maka foto yang dilihat pengguna WhatsApp dipastikan tidak memiliki kualitas tinggi.

Kemungkinan lainnya, foto tersebut sudah memiliki kualitas rendah dari awal, seperti foto dari hasil screenshot (tangkapan layar).

Leave a Comment