Cara Menggunakan Tasbih Digital di HP Tanpa Aplikasi, Bisa Digunakan Offline!

Fajar Febrian

Updated on:

tasbih digital di hp tanpa aplikasi

Menggunakan tasbih digital di HP tanpa menggunakan aplikasi bisa menjadi hal yang sangat membantu ketika kita sedang dalam kondisi yang terdesak. Meski misalnya kita dalam situasi tidak ada sinyal atau lupa membawa tasbih, masih ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk tetap melakukan ibadah berdzikir dengan sempurna.

Berdzikir dimanapun, baik setelah shalat atau dalam perjalanan sunnah hukumnya, dan merupakan salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Baca Juga: Jam Tangan Pintar Amazfit Bip 5 yang Berintegrasi Zepp OS

Apa Hukumnya Memakai Tasbih Digital

Dalam kitab “Majmu’ Fatawa” (22/506), Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah mengatakan, bertasbih menggunakan jari adalah yang dianjurkan atau sunnah.

“Menghitung tasbih dengan jari itu dianjurkan (disunnahkan). Dalilnya adalah sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada seorang wanita, “Bertasbihlah dan hitunglah dengan jari karena sesungguhnya jari jemari itu akan ditanyai dan diminta untuk berbicara.”

Namun, berdzikir menggunakan biji, kerikil atau pun semisalnya maka itu adalah perbuatan yang baik. Ibnu Taimiyyah juga mengatakan, para sahabat Nabi juga pernah melakukannya, bahkan Nabi melihat salah seorang isterinya bertasbih dengan menggunakan kerikil dan beliau membiarkannya.

Begitu juga dengan tasbih digital, hal ini tidak termasuk bid’ah dalam agama, karena penggunaan tasbih sebagai wasilah (perantara) untuk bisa mempermudah dalam menghitung jumlah dzikir dengan tepat.

tasbih
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Fungsi Tasbih Digital

Tak ada fungsi lain tasbih digital selain untuk mempermudah dalam melakukan ibadah, terutama dalam menghitung jumlah dzikir yang dipanjatkan kepada Allah SWT. Penggunaan tasbih dengan HP ini dinilai lebih praktis, karena pada umumnya orang-orang memiliki HP yang mereka bawa kemana-mana.

Sehingga, menghitung jumlah dzikir menggunakan HP dapat membantu kita, baik saat berada di dalam jangkauan maupun tidak ada sinyal sama sekali. Karena ada beberapa fitur bawaan HP yang bisa dimanfaatkan untuk melakukannya.

Bagaimana Cara Menggunakannya?

Ada banyak cara yang terbilang sangat efektif untuk bisa berdzikir menggunakan HP berjenis Android maupun iOS. Berikut adalah cara yang bisa Anda ikuti untuk bertasbih melalui HP tanpa perlu mendownload aplikasi apapun dan bisa digunakan secara offline:

Menggunakan Kalkulator HP

  • Buka aplikasi kalkulator di ponsel Anda
  • Setiap kali Anda ingin menambahkan hitungan tasbih, cukup ketuk tombol “+”
  • Setelah selesai, Anda dapat melihat total hitungan di layar kalkulator

Melalui Catatan atau Pesan Teks

  • Buka aplikasi catatan atau pesan teks di ponsel Anda
  • Buat catatan baru untuk menghitung tasbih
  • Setiap kali Anda melakukan dzikir, tambahkan satu ke catatan tersebut
  • Anda dapat melihat total hitungan dengan menghitung jumlah entri dalam catatan

Baca Juga: GoPlay Umumkan Rebranding Menjadi Everywhere.id di Nexticorn 2023

Dengan Fitur Alarm

  • Setel pengingat atau alarm pada ponsel untuk mengingatkan Anda setiap kali Anda ingin melakukan dzikir
  • Gunakan hitungan pada alarm sebagai hitungan tasbih

Menggunakan Keypad Ponsel

  • Buka aplikasi pesan teks atau kalkulator yang memungkinkan Anda menulis teks.
  • Gunakan papan kunci ponsel untuk mengetik angka dan menambahkannya setiap kali Anda melakukan dzikir.

Jika Anda memiliki ponsel tanpa layar sentuh, Anda dapat menggunakan tombol fisik pada ponsel untuk menghitung tasbih.

Itulah cara menggunakan tasbih digital di HP tanpa aplikasi. Anda dapat mencoba menyesuaikan ponsel Anda sesuai dengan preferensi Anda tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan. Pilihlah cara yang paling nyaman dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sumber: https://islamina.id/kitab-majmu-fatawa-ibnu-taimiyah-1/#:~:text=KITAB%20%E2%80%9CMajm%C3%BB’%20Fat%C3%A2w%C3%A2%E2%80%9D%20adalah,memuat%20lebih%20dari%20200%20halaman.

Leave a Comment