Utang Luar Negeri Indonesia Januari 2023 Melonjak Jadi Rp 6.194 Triliun

Redaksi

Utang Luar Negeri Indonesia Januari 2023

Utang Luar Negeri Indonesia Januari 2023 Melonjak Jadi Rp 6.194 Triliun

Bank Indonesia (BI) mencatat posisi Utang Luar Negeri Indonesia Januari 2023 melonjak jadi US$ 404,9 miliar atau setara dengan Rp 6.194,9 triliun. Jumlah utang ini meningkat jika dibandingkan dengan akhir kuartal IV/2022 lalu yang tercatat sebesar US$ 396,8 miliar.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menjelaskan, Utang Luar Negeri Indonesia Januari 2023 mengalami kontraksi sebesar 1,9 persen yoy, melanjutkan kontraksi pada bulan sebelumnya sebesar 4,1% yoy.

“Perkembangan posisi ULN pada Januari 2023 juga dipengaruhi oleh faktor perubahan akibat pelemahan mata uang dolar AS terhadap mayoritas mata uang global, termasuk rupiah,” kata Erwin seperti yang dikutip dari Bisnis.com pada Selasa (14/3).

Jika dirincikan secara tahunan, posisi Utang Luar Negeri Indonesia Januari 2023 tercatat sebesar US$ 194,3 miliar atau terkontraksi sebesar 2,5 persen.

Hal ini didorong oleh peningkatan penempatan investasi portofolio di pasar Surat Berharga Negara (SBN) domestik dan internasional seiring sentimen positif kepercayaan pelaku pasar global yang makin meningkat.

Baca Juga: Selebgram Ajudan Pribadi Ditangkap, Diduga Gelapkan Uang Rp 1,3 M

Menurut Erwin, pemerintah terus berkomitmen mengelola ULN secara hati-hati, kredibel, dan akuntabel, termasuk menjaga kredibilitas dalam pemenuhan kewajiban pembayaran pokok dan bunga utang secara tepat waktu.

Selain itu, Utang Luar Negeri Indonesia Januari 2023 tetap terkendali. Itu terlihat dari rasio ULN Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) yang tetap terjaga di kisaran 30,3 persen, sedikit meningkat dibandingkan dengan rasio pada bulan sebelumnya sebesar 30,1 persen.

“Selain itu, struktur ULN Indonesia yang sehat juga ditunjukkan oleh ULN yang tetap didominasi oleh ULN berjangka panjang, dengan pangsa mencapai 87,4 persen dari total ULN,” lanjutnya.

Leave a Comment